RANCANGAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Mata Kuliah :
Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kode Mata Kuliah :
BA. 0047
Status Mata Kuliah :
Wajib
Jenjang Studi :
D-III Kebidanan
Semester/Tahun Akademik : IV/2011-2012
Jurusan :
D-III Kebidanan
Fakultas :Ilmu
Kesehatan
Perguruan Tinggi :
Universitas Respati Yogyakarta
Jumlah SKS : 2SKS (T;1, P;1)
Pertemuan : 2 (15 menit)
I. Standar
Kompetensi :
Mahasiswa
mampu memahami ilmu kesehatan masyarakat sehingga dapat diterapkan dalam
pelayanan kebidanan
II. Kompetensi
Dasar:
Mahasiswa mampu memahami perilaku kesehatan dalam
masyarakat
III. Indikator:
1.
Menjelaskan
pengertian perilaku kesehatan
2.
Menjelaskan unsur-unsur
dalam perilaku kesehatan
IV. Tujuan:
1. Mahasiswa
mampu menjelaskan pengertian perilaku kesehatan
2. Mahasiswa
mampu menjelaskan unsur-unsur dalam perilaku kesehatan
V. Materi
Ajar
1. Pengertian
perilaku kesehatan
2. Unsur-unsur
perilaku kesehatan
VI. Metode/Strategi Pembelajaran :
Ceramah, Tanya jawab
VII.
Tahap Pembelajaran:
No
|
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
1
|
Kegiatan awal
|
3
mnt
|
a.
Memberi salam kepada mahasiswa
sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai
b.
Perkenalan
c.
Menggali kemampuan siswa tentang
materi yang akan disampaikan hari ini (apersepsi)
d.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
e.
Memberikan motivasi awal
|
a.
Menjawab salam yang disampaikan
oleh dosen
b.
Ikut aktif dalam menyamakan
persepsi tentang materi yang akan diterima
c.
Mendengarkan tujuan yang
disampaikan dosen
|
2
|
Kegiatan inti
|
10
mnt
|
a.
Menjelaskan tentang pengertian perilaku
kesehatan
b.
Menjelaskan unsur-unsur dalam
perilaku kesehatan
|
a.
Mendengarkan penjelasan dan
mencatat hal-hal yang penting yang
diberikan dosen
b.
Mengajukan pertanyaan jika belum
mengerti
|
3
|
Kegiatan penutup
|
2
mnt
|
a.
Memberikan kesempatan kepada
mahasiswa untuk bertanya tentang hal-hal yang belum jelas
b.
Menyimpulkan hasil perkuliahan
c.
Menutup pertemuan dengan
mengucapkan salam
|
a.
Mahasiswa bertanya tentang
hal-hal yang belum jelas
b.
Ikut aktif menyimpulkan hasil
perkuliahan
c.
Menjawab salam penutup
|
VIII.
Alat dan sumber bahan
1.
Alat :
LCD, Komputer
2.
Sumber bahan :
a. Notoatmodjo.
2007. Kesehatan Masyarakat (ilmu dan
seni). Jakarta: Rineka cipta.
b. Syafrudin.
2009. Ilmu Kesehatan Masyarakat.
Jakarta: Trans Info Media
IX. Penilaian
1. Teknik
dan Instrumen penilaian:
a. Soal-soal:
1) Apa
yang dimaksud dengan perilaku kesehatan?
2) Sebutkan
unsur-unsur dalam perilaku kesehatan
Catatan:
Materi terlampir
MATERI
A. Pengertian
perilaku kesehatan
Perilaku kesehatan adalah suatu respons
seseorang (organisme) terhadap stimulus yang berkaitan dengan sakit dan
penyakit, sistem pelayanan kesehatan, makanan, serta lingkungan.
B. Unsur-unsur
dalam perilaku kesehatan
1. Respon
atau reaksi manusia
a. Bersifat
pasif ( pengetahuan, persepsi, sikap)
b. Bersifat
aktif ( tindakan yang nyata atau praktif)
2. Stimulus
atau rangsangan
a. Perilaku
seseorang terhadap sakit dan penyakit yaitu bagaimana manusia berespon baik
secara pasif ( mengetahui, bersikap, dan mempersepsi penyakit dan rasa sakit
yang ada pada dirinya dan di luar dirinya, maupun aktif (tindakan) yang
dilakukan sehubungan dengan penyakit dan sakit tersebut. Perilaku terhadap
sakit dan penyakit ini dengan sendirinya sesuai dengan tingkat-tingkat
pencegahan penyakit, yakni:
1) Perilaku
sehubungan dengan peningkatan dan pemeliharaan kesehatan ( health promotion behavior). Misalnya makan makanan yang bergizi,
olahraga dan sebagainya
2) Perilaku
pecegahan penyakit (health prevention
behavior) adalah respon untuk melakukan pencegahan penyakit, misalnya:
tidur memakai kelambu, imunisasi. Termasuk juga perilaku untuk tidak menularkan
penyakit kepada orang lain
3) Perilaku
sehubungan dengan pencarian pengobatan (health
seeking behavior) yaitu perilaku untuk melakukan atau mencari pengobatan,
misalnya berusaha mengobati sendiri penyakitnya, atau mencari pengobatan ke
fasilitas-fasilitas kesehatan modern (puskesmas, mantra, dokter praktik,)
maupun ke fasilitas kesehatan tradisional (dukun, sinshe)
4) Perilaku
sehubungan dengan pemulihan kesehatan (health
rehabilitation behavior) yaitu
perilaku yang berhubungan dengan usaha-usaha pemulihan kesehatan setelah sembuh
dari suatu penyakit. Misalnya melakukan diet, mematuhi anjuran dokter dalam
rangka pemulihan kesehatannya.
b. Perilaku
terhadap sistem pelayanan kesehatan adalah respon seseorang terhadap system pelayanan kesehatan baik system pelayanan
kesehatan modern maupun tradisional. Perilaku ini menyangkut respon terhadap
fasilitas pelayanan, cara pelayanan, petugas kesehatan, obat-obatnya yang
terwujud dalam pengetahuan, persepsi, sikap dan penggunaan fasilitas, petugas,
dan obat-obatan.
c. Perilaku
terhadap makanan (nutrition behaviour)
yaitu respon seseorang terhadap makanan sebagai kebutuhan vital bagi kehidupan.
Perilaku ini meliputi pengetahuan, persepsi, sikap dan praktik kita terhadap makanan
serta unsur-unsur yang terkandung di dalamnya (zat gizi), pengolahan makanan.
d. Perilaku
terhadap lingkungan kesehatan (environmental
health behavior) adalah respon seseorang terhadap lingkungan sebagai
determinan kesehatan manusia. Perilaku ini mencakup:
1) Perilaku
sehubungan dengan air bersih, termasuk di dalam komponen, manfaat, dan
penggunaan air bersih untuk kepentingan kesehatan
2) Perilaku
sehubungan dengan pembuangan air kotor, yang menyangkut segi-segi hygiene
pemeliharaan teknik, dan penggunaannya
3) Perilaku
sehubungan dengan limbah, baik limbah padat maupun limbah cair.
4) Perilaku
sehubungan dengan rumah yang sehat, yang meliputi ventilasi, pencahayaan,
lantai, dan sebagainya
5) Perilaku
sehubungan dengan pembersihan sarang-sarang nyamuk (vector) atau sebagainya.
0 komentar:
Posting Komentar