Pages

MATERI

Diberdayakan oleh Blogger.

Esy midwife

Esy midwife
Awal Duduk di Bangku Kuliah

About Me

Foto saya
BAngli, bali, Indonesia
Berdoa Dan kerja Keras awal Dari Keberhasilan.....

Minggu, 24 Januari 2016

RPP Tumbuh Kembang



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SMK Kesehatan SUAR Bangli
Nama Institusi             : SMK Kesehatan SUAR Bangli
Mata Pelajaran : Perkembangan Manusia
Kelas/ Semester           : III/ I
Alokasi Waktu            : 100 Menit
Pertemua ke                : 1

Standar Kompetensi   : Siswa mampu memahami prinsip-prinsip perkembangan
manusia
Kompetensi Dasar       : Siswa mampu menjelaskan tentang teori pertumbuhan dan
perkembangan manusia
Indikator                     :
1. Siswa mampu menjelaskan pengertian tumbuh kembang dengan benar
2.    Siswa mampu menjelaskan pola pertumbuhan fisik yang terarah dengan benar
I.          Tujuan pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran peserta didik dapat:
1.        Menjelaskan pengertian tumbuh kembang dengan benar
2.        Menjelaskan pola pertumbuhan fisik yang terarah dengan benar
II.          Materi pembelajaran
1.        Pengertian tumbuh kembang
2.        Pola pertumbuhan fisik
III.          Metode Pembelajaran
Ceramah dan tanya jawab
IV.          Media Pembelajaran
1.        Komputer
2.        LCD
3.        Buku dan handout
V.          Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiatan Dosen
Kegiatan Siswa
1
Kegiatan Awal
10 menit
1.     Membuka pelajaran dengan salam dan menanyakan kesiapan mahasiswa dalam mengikuti pelajaran
2.     Memperkenalkan diri
3.     Melakukan apersepsi
4.     Menyampaikan tujuan pembelajaran
1.    Menjawab salam dan kesiapan dalam mengikuti pelajaran
2.    mendengarkan
3.    Menanggapi apersepsi
4.    Mendengarkan apa yang disampaikan guru
2
Kegiatan Inti
75 menit
1.    Menjelaskan pengertian tumbuh kembang
2.    Menjelaskan pola pertumbuhan fisik yang terarah
1.       Memperhatikan penjelasan guru
2.       Bertanya tentang penjelasan guru yang kurang jelas

3
Kegiatan Penutup
10 menit
1.    Melakukan evaluasi secara lisan
2.    Menyimpulkan materi pembelajaran
3.    Memberikan tugas rumah
4.    Menutup pertemuan dengan mengucapkan salam
1.    Menjawab pertanyaan guru
2.    Memperhatikan kesimpulan yang di sampaikan guru
3.    Mendengarkan dan mencatat tugas rumah
4.    Menjawab salam

VI.          Sumber Belajar
1.        Unarsih, Tri. 2011. Asuhan Kehamilan Untuk Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika
2.        Sulistyawati, Ari. 2011. Asuhan Kebidanan Pada Masa Kehamilan. Jakarta: Salemba Medika
3.        Alimul, A. 2008. Kebutuhan dasar manusia. Jakarta: Salemba Medika
VII.          Penilaian
Teknik                    : Tes Lisan
Bentuk Instrumen  : pertanyaan lisan







Lampiran materi
A.  Pengertian tumbuh kembang
Pertumbuhan merupakan peningkatan jumlah dan besar sel di seluruh bagian tubuh selama sel-sel tersebut membelah diri dan menyintesis protein-protein baru, menghasilkan penambahan jumlah dan berat secara keseluruhan ataiu sebagian. Perkembangan adalah perubahan secara berangsur-angsur dan bertambah sempurnanya fungsi alat tubuh, meningkat dan meluasnya kapasitas seseorang melalui pertumbuhan kematangan atau kedewasaan  dan pembelajaran.
Dalam proses tumbuh kembang anak terdapat peristiwa percepatan dan perlambatan. Peristiwa tersebut merupakan kejadian yang ada dalam setiap organ tubuh. Pada proses pertumbuhan terjadi perubahan dalam besar, jumlah dan ukuran di tingkat sel maupun organ. Sedangkan pada proses perkembangan terjadi perubahan dalam bentuk dan fungsi kematangan organ mulai dari aspek fisik, intelektual, dan emosional. Perkembangan secara fisik yang terjadi adalah bertambah sempurnanya fungsi organ mulai dari tingkat sel hingga organ tubuh. Perkembangan intelektual dapat ditunjukkan dari kemampuan secara simbul maupun abstrak seperti berbicara bermain, berhitung, membaca dan lain-lain sedangkan perkembangan emosional dapat dilihat dari prilaku sosial di lingkungan anak.



B.  Pola pertumbuhan fisik yang terarah
Terdapat tiga pola pertumbuhan fisik yang terarah yaitu:
1.    Cephalocaudal
Merupakan pola pertumbuhan dari arah kepala ke kaki ditandai dengan berkembangnya bagian kepala pertama kali, yang berukuran besar dan sangat kompleks, baru selanjutnya bagian bawah yang berukuran lebih kecil dan sederhana. Hal ini tampak jelas tidak hanya selama masa prenatal, namun juga pada masa pasca natal. Bayi mencapai kontrol motorik dikepala terlebih dahulu baru dilanjutkan ke bagian ekstremitas (alat gerak) bagian bawah seperti tangan dan kaki, menahan punggung sebelum bisa berdiri, menggunakan mata lebih dulu sebelum tangan, dan mampu mengontrol tangan sebelum kaki.
2.    Proksimodistal
Merupakan pola pertubuhan dari arah yang dekat ke arah yang jauh. Dimulai dengan menggerakkan anggota gerak, yang paling dekat dengan pusat/ sumbu tengah, kemudian menggerakkan anggota gerak yang lebih jauh atau kearah bagian tepi seperti menggerakkan bahu dulu kemudian jari-jari. Hal tersebut juga dapat dilihat tumbuh kembang berbagai organ-organ yang ada di tengah, seperti jantung, paru dan bagian pencernaan yang akan lebih dahulu mencapai kematangan daripada organ yang berada di tepi seperti bagian ekstremitas.


3.    Deferensiasi
Merupakan pola pertumbuhan dari aktivitas dan fungsi yang sederhana ke yang lebih kompleks. Seluruh area perkembangan  (fisik, mental, sosial, emosional) mengikuti pola ini.


separador

0 komentar:

Posting Komentar

Followers