RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Kesehatan SUAR Bangli
Nama Institusi : SMK
Kesehatan SUAR Bangli
Mata
Pelajaran : Perkembangan Manusia
Kelas/ Semester : III/ I
Alokasi Waktu : 100 Menit
Pertemua ke : 1
Standar Kompetensi : Siswa
mampu memahami prinsip-prinsip perkembangan
manusia
Kompetensi
Dasar : Siswa mampu menjelaskan tentang teori pertumbuhan dan
perkembangan manusia
Indikator :
1. Siswa
mampu menjelaskan pengertian tumbuh kembang dengan benar
2. Siswa mampu menjelaskan pola pertumbuhan fisik
yang terarah dengan benar
I.
Tujuan pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan
pengertian tumbuh kembang dengan benar
2.
Menjelaskan
pola pertumbuhan fisik yang terarah dengan benar
II.
Materi pembelajaran
1.
Pengertian
tumbuh kembang
2.
Pola
pertumbuhan fisik
III.
Metode Pembelajaran
Ceramah dan tanya jawab
IV.
Media Pembelajaran
1.
Komputer
2.
LCD
3.
Buku dan handout
V.
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Siswa
|
1
|
Kegiatan Awal
|
10 menit
|
1.
Membuka pelajaran dengan salam
dan menanyakan kesiapan mahasiswa dalam mengikuti pelajaran
2.
Memperkenalkan diri
3.
Melakukan apersepsi
4.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
1.
Menjawab salam dan kesiapan
dalam mengikuti pelajaran
2.
mendengarkan
3.
Menanggapi apersepsi
4.
Mendengarkan apa yang
disampaikan guru
|
2
|
Kegiatan Inti
|
75 menit
|
1.
Menjelaskan
pengertian tumbuh kembang
2.
Menjelaskan
pola pertumbuhan fisik yang terarah
|
1.
Memperhatikan penjelasan guru
2.
Bertanya tentang penjelasan guru yang kurang jelas
|
3
|
Kegiatan Penutup
|
10 menit
|
1.
Melakukan evaluasi secara lisan
2.
Menyimpulkan materi pembelajaran
3.
Memberikan tugas rumah
4.
Menutup pertemuan dengan
mengucapkan salam
|
1.
Menjawab pertanyaan guru
2.
Memperhatikan kesimpulan yang di
sampaikan guru
3.
Mendengarkan dan mencatat tugas rumah
4.
Menjawab salam
|
VI.
Sumber Belajar
1.
Unarsih,
Tri. 2011. Asuhan Kehamilan Untuk
Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika
2.
Sulistyawati,
Ari. 2011. Asuhan Kebidanan Pada Masa
Kehamilan. Jakarta: Salemba Medika
3.
Alimul, A.
2008. Kebutuhan dasar manusia.
Jakarta: Salemba Medika
VII.
Penilaian
Teknik : Tes
Lisan
Bentuk Instrumen : pertanyaan
lisan
Lampiran materi
A. Pengertian
tumbuh kembang
Pertumbuhan merupakan peningkatan jumlah dan
besar sel di seluruh bagian tubuh selama sel-sel tersebut membelah diri dan menyintesis
protein-protein baru, menghasilkan penambahan jumlah dan berat secara
keseluruhan ataiu sebagian. Perkembangan adalah perubahan secara
berangsur-angsur dan bertambah sempurnanya fungsi alat tubuh, meningkat dan
meluasnya kapasitas seseorang melalui pertumbuhan kematangan atau
kedewasaan dan pembelajaran.
Dalam proses tumbuh kembang anak terdapat
peristiwa percepatan dan perlambatan. Peristiwa tersebut merupakan kejadian
yang ada dalam setiap organ tubuh. Pada proses pertumbuhan terjadi perubahan
dalam besar, jumlah dan ukuran di tingkat sel maupun organ. Sedangkan pada
proses perkembangan terjadi perubahan dalam bentuk dan fungsi kematangan organ
mulai dari aspek fisik, intelektual, dan emosional. Perkembangan secara fisik
yang terjadi adalah bertambah sempurnanya fungsi organ mulai dari tingkat sel
hingga organ tubuh. Perkembangan intelektual dapat ditunjukkan dari kemampuan
secara simbul maupun abstrak seperti berbicara bermain, berhitung, membaca dan
lain-lain sedangkan perkembangan emosional dapat dilihat dari prilaku sosial di
lingkungan anak.
B. Pola pertumbuhan
fisik yang terarah
Terdapat
tiga pola pertumbuhan fisik yang terarah yaitu:
1. Cephalocaudal
Merupakan
pola pertumbuhan dari arah kepala ke kaki ditandai dengan berkembangnya bagian
kepala pertama kali, yang berukuran besar dan sangat kompleks, baru selanjutnya
bagian bawah yang berukuran lebih kecil dan sederhana. Hal ini tampak jelas
tidak hanya selama masa prenatal, namun juga pada masa pasca natal. Bayi
mencapai kontrol motorik dikepala terlebih dahulu baru dilanjutkan ke bagian
ekstremitas (alat gerak) bagian bawah seperti tangan dan kaki, menahan punggung
sebelum bisa berdiri, menggunakan mata lebih dulu sebelum tangan, dan mampu
mengontrol tangan sebelum kaki.
2. Proksimodistal
Merupakan
pola pertubuhan dari arah yang dekat ke arah yang jauh. Dimulai dengan
menggerakkan anggota gerak, yang paling dekat dengan pusat/ sumbu tengah,
kemudian menggerakkan anggota gerak yang lebih jauh atau kearah bagian tepi
seperti menggerakkan bahu dulu kemudian jari-jari. Hal tersebut juga dapat
dilihat tumbuh kembang berbagai organ-organ yang ada di tengah, seperti
jantung, paru dan bagian pencernaan yang akan lebih dahulu mencapai kematangan
daripada organ yang berada di tepi seperti bagian ekstremitas.
3. Deferensiasi
Merupakan pola
pertumbuhan dari aktivitas dan fungsi yang sederhana ke yang lebih kompleks.
Seluruh area perkembangan (fisik,
mental, sosial, emosional) mengikuti pola ini.
0 komentar:
Posting Komentar