RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Kesehatan SUAR Bangli
Nama Institusi : SMK
Kesehatan SUAR Bangli
Mata
Pelajaran : Perkembangan Manusia
Kelas/ Semester : III/ I
Kode Mata Kuliah :
Alokasi Waktu : 100 Menit
Pertemua ke :
Standar Kompetensi : Siswa
mampu memahami prinsip-prinsip perkembangan
manusia
Kompetensi
Dasar : Siswa mampu menjelaskan tentang proses konsepsi
Indikator :
1. Siswa
mampu menjelaskan gametogenesis dengan
benar
2.
Siswa mampu menjelaskan spermatogenesis
dan
oogenesis dengan benar
I.
Tujuan pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan
pengertian, pembelahan gametogenesis dengan benar
2.
Menjelaskan
pengertian spermatogenesis dan oogenesis dengan benar
II.
Materi pembelajaran
1.
Gametogenesis
2.
Spermatogenesis
dan oogenesis
III.
Metode Pembelajaran
Ceramah dan tanya jawab
IV.
Media Pembelajaran
1.
Komputer
2.
LCD
3.
Buku dan handout
V.
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Siswa
|
1
|
Kegiatan Awal
|
10 menit
|
1.
Membuka pelajaran dengan salam
dan menanyakan kesiapan mahasiswa dalam mengikuti pelajaran
2.
Melakukan apersepsi
3.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
1.
Menjawab salam dan kesiapan
dalam mengikuti pelajaran
2.
Menanggapi apersepsi
3.
Mendengarkan apa yang
disampaikan guru
|
2
|
Kegiatan Inti
|
75 menit
|
1.
Menjelaskan
pengertian gametogenesis
2.
Menjelaskan
pengertian spermatogenesis dan oogenesis
|
1.
Memperhatikan penjelasan guru
2.
Bertanya tentang penjelasan guru yang kurang jelas
|
3
|
Kegiatan Penutup
|
10 menit
|
1.
Melakukan evaluasi secara lisan
2.
Menyimpulkan materi pembelajaran
3.
Memberikan tugas rumah
4.
Menutup pertemuan dengan
mengucapkan salam
|
1.
Menjawab pertanyaan guru
2.
Memperhatikan kesimpulan yang di
sampaikan guru
3.
Mendengarkan dan mencatat tugas
rumah
4.
Menjawab salam
|
VI.
Sumber Belajar
1.
Unarsih,
Tri. 2011. Asuhan Kehamilan Untuk
Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika
2.
Sulistyawati,
Ari. 2011. Asuhan Kebidanan Pada Masa
Kehamilan. Jakarta: Salemba Medika
VII.
Penilaian
Teknik : Tes
Lisan
Bentuk Instrumen : pertanyaan
lisan
0 komentar:
Posting Komentar